Profil Perusahaan

Didirikan pada tanggal 19 April 1971, PT Voksel Electric Tbk. ("Perusahaan") bergerak di bidang industri kabel. Pada tahun 1989, Perseroan berubah status menjadi Penanaman Modal Asing melalui perjanjian joint venture dengan Showa Electric Wire & Cable Co. Ltd. (“Showa”), sebuah perusahaan kabel terkemuka di Jepang yang telah berganti nama menjadi SWCC Showa Cable Systems Co. Ltd. sejak tahun 2006. Sejalan dengan pesatnya perkembangan industri kabel dan pertumbuhan strategis yang semakin agresif, Perusahaan melakukan penawaran umum perdana di Bursa Efek Jakarta (sekarang menjadi Bursa Efek Indonesia) dan Bursa Efek Surabaya pada tanggal 20 Desember, 1990. Dengan kerja keras dan dedikasi dari seluruh manajemen dan staf Perusahaan, Perusahaan berhasil memposisikan diri sebagai salah satu produsen kabel terkemuka di Indonesia. Bisnis inti Perusahaan meliputi manufaktur kabel listrik, telekomunikasi, dan serat optik.

Melalui upaya berkesinambungan dalam rangka mencapai kualitas unggul, Perusahaan dianugerahi berbagai sertifikat kualitas internasional, seperti ISO 9001: 2015 dari SGS Yarsley International Certification Services, Ltd. Perusahaan berkomitmen tinggi untuk mencegah pencemaran lingkungan dan meningkatkan keselamatan dan kesehatan di lingkungan kerja. Sejalan dengan komitmen tersebut, Perusahaan telah memperoleh ISO 14001: 2015 dan ISO-45001: 2015. dari SGS Yarsley International Certification Services, Ltd. Perseroan juga memperoleh sertifikat SMK3 pada tahun 2018. Selain itu, Perseroan memperoleh Sertifikat KEMA dari KEMA Nederland B.V. dan sertifikat TUV. Di awal tahun 2016, Perseroan berpartisipasi dalam pengembangan dan penelitian terkait produk baru yang akan diluncurkan di tahun-tahun berikutnya. Perseroan juga melakukan ekspansi dengan menambah lini usaha untuk tegangan tinggi. Tahun 2020 merupakan tahun dimana Perseroan mulai melakukan ekspansi kapasitas dan area produksi untuk produk tersebut.

SEGMEN PASAR

Perseroan memasarkan produknya baik di dalam maupun ke luar negeri. Untuk pasar domestik, mayoritas penjualan bersumber dari PT Perusahaan Listrik Negara ("PLN ') dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (" Telkom'). Selain itu, Perseroan juga memasok kabel kepada kontraktor dan distributor. Untuk penjualan ekspor, Perseroan melakukan pemasaran ke berbagai negara seperti: Singapura, Malaysia, Timor Leste, Filipina, Thailand, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Nepal, Bhutan, India, Sri Lanka, Bangladesh, Pakistan, Afganistan, UEA, Yaman, Saudi Arab, Qatar, Lebanon, Irak, Yordania, Mesir, Jepang, Korea Selatan, Australia, Panama, Brasil, Kenya, Tanzania, DR Kongo, Republik Kongo, Nigeria, Ethiopia, Mozambik, Uganda, Eritrea, Malta, Mauritius, Siprus, Seychelles, Liberia, Haiti, Suriname, Palestina, Hong Kong, Taiwan, Tiongkok, Samoa, Chili, Ekuador, Brunei, Gabon, Ghana, Angola, Pantai Gading, Burundi, Rwanda, Madagaskar.

 

PRODUK

Bare Copper Conductor (BCC):
Soft Drawn, Half Drawn, and Hard Drawn.

Bare Aluminum Conductor:
All Aluminum Conductor (AAC), All Aluminum Alloy Conductor (AAAC), Thermal Aluminum (TAL), Hard Drawn Aluminum (HAL), Aluminum Conductor, Steel Reinforced (ACSR),Aluminum Conductor, Aluminum Clad-Steel Reinforced (ACSR/AS), Thermal-Aluminum Conductor Steel Reinforced(T-ACSR), Thermal Resistant Aluminum Alloy, Aluminum CladSteel Reinforced (T-ACSR/AS), HTLS - Aluminum Conductor Carbon Fiber Reinforced, /Aluminum Trapezoidal Wire (ACFR/ATW), Optical Ground Wire (OPGW) Galvanized Steel Wire(GSW ) Aluminum Clade Steel wire (AS)

Power & Control Cable:
High, Medium, Submarine cable and Low Voltage, Cross Linked Polyethylene (XLPE) Insulated Cable, Polyethylene (PE) Insulated Cable, Polyvinyl Chloride (PVC) Insulated Cable Fire, Resistance cables (FRC), Flame Retardant (category A, B,C), Control & Instrument Cables

Optical Fiber Cable:
All Dielectric Self Supporting (ADSS), Aerial Cable, Duct Cable, Armor/Buried Cable, Fibre To The Home (FTTH)/Single Core Per Tube, (SCPT) Cable, Air Blowing Micro Duct Cable, Submarine Fiber Optic Cable


OUTLINE PERUSAHAAN

Pendirian : 19 April 1971
Modal Dasar : Rp 2 trilliun
Modal Disetorkan : Rp. 415,560,259,500
Karyawan : ± 1300

SEJARAH PERUSAHAAN

1971

:

Memulai produksi kabel dan kawat listrik tegangan rendah, di pabrik Pulo Gadung.

1975

:

Perluasan fasilitas untuk memproduksi kawat enamel dan kabel otomotif.

1980

:

Mengakuisisi 60% PT. Saham Alcarindo Prima, produsen batang kawat aluminium dan 40% PT. Alcas Dharma Pratama, produsen aluminum casting alloys.

1983

:

Dengan dukungan anak perusahaan, PT Voksel Electric Tbk. Melakukan ekspansi ke lebih banyak produk, memproduksi kabel XLPE aluminium tegangan rendah dan konduktor aluminium.

1987

:

Dimulainya produksi komersial kabel telekomunikasi di Pabrik Cakung.

1989

:

Tahun ini menandai perubahan penting dalam status Perusahaan dari perusahaan penanaman modal dalam negeri menjadi investasi asing dan operasi usaha patungan dengan Showa Electric Wire & Cable Co., Ltd., Jepang, yang telah memfasilitasi transfer teknologi, sekaligus siap membuka pasar ekspor . Tahun ini juga menandai ekspansi bisnis Voksel lebih lanjut dengan memperoleh 25% saham PT. Kawat Mas Prakarsa di Tangerang, produsen kabel listrik.

1990

:

Globalisasi pasar meningkatkan permintaan akan kualitas, jangkauan produk, dan kuantitas pasokan. Untuk mendukung lebih lanjut program ekspansinya, saham Voksel tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya, dan berhasil mengumpulkan dana yang dibutuhkan.

1991

:

Perluasan fasilitas produksi untuk output yang lebih tinggi di Pabrik Cileungsi, Bogor.

1993

:

Produksi komersial kabel tegangan menengah di Cileungsi.

1994

:

PT. Voksel Electric TBK berhasil melakukan right issue keduanya di Bursa.

1995

:

Melalui program transfer teknologi yang konsisten dan mendalam, PT. Voksel Electric Tbk. memperoleh penghargaan ISO 9002: 1994, pengakuan atas keseluruhan fasilitas pabrik dan jangkauan produk yang dihasilkannya.

1996

:

Melakukan penerbitan saham bonus.

1997

:

Mengembangkan teknologi baru dengan memproduksi Kabel Fiber Optik melalui Kerja Sama Teknis dengan Showa Electric Wire & Cable Co., Ltd., Jepang.

1999

:

Berhasil memperoleh ISO 1991: 1994.

2003

:

Sistem Manajemen PT. Voksel Electric, Tbk. telah dinilai dan disertifikasi memenuhi persyaratan ISO 9001: 2000 dari SGS Yarsley International Certification Services, Ltd.

2004

:

Prima Mitra Elektrindo - anak perusahaan di bidang perdagangan didirikan dengan 99% kepemilikan oleh Voksel.

2004

:

Pabrik Cakung dan Kantor Pusat Gajah Mada dikonsolidasikan menjadi Pabrik Cileungsi.

2005

:

PT. Voksel Electric, Tbk. telah memutuskan untuk menghentikan divisi Kawat Enamel sejak Juni 2005, untuk meningkatkan laba operasi.

2006

:

Bangun Prima Semesta - anak perusahaan dibidang perdagangan dan konstruksi didirikan dengan 96% kepemilikan oleh Voksel.

2008

:

Perluasan kapasitas serat optik menjadi 1 juta km inti tunggal.

2010

:

Sistem Manajemen Perusahaan telah dinilai dan disertifikasi memenuhi persyaratan ISO 14001 dan OHSAS 18001.

2012

:

Pembukaan Divisi Al Casting dan Produksi EC Grade & Alloy.

2015

:

Mulai mengembangkan dan memproduksi Kabel Listrik Tegangan Tinggi.

2016

:

Perusahaan terus memperkaya kemampuan produksi produknya dengan memproduksi OPGW.

company-profile
Download PDF | View E-Book