Dewan Komisaris



Dari kiri ke kanan : Hardi Sasmita – Kumhal Djamil


Pemegang Saham dan pemangku kepentingan yang terhormat,

Sebagai bagian dari pelaksanaan fungsi pengawasan kami, dengan ini kami menyampaikan Laporan Tahunan Dewan Komisaris 2019. Sepanjang tahun, Dewan Komisaris senantiasa konsisten memantau kinerja PT Voksel Electric Tbk. dan menyampaikan pendapat, serta rekomendasi kepada Direksi. Penyampaian pendapat dilakukan secara terbuka melalui rapat gabungan yang dilaksanakan secara intensif setiap 1 (satu) bulan sekali, serta pertemuan-pertemuan informal untuk membahas isu-isu mendesak. Kami berharap nasihat dan masukan yang kami berikan, berikut evaluasi semua pencapaian dan tantangan sepanjang tahun 2019 mampu menjadikan Perseroan lebih tangguh dan responsif terhadap perkembangan industri kelistrikan dan telekomunikasi, termasuk dinamika perekonomian di masa depan.

Penilaian Kinerja Direksi

Dewan Komisaris berpendapat bahwa Direksi telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan sangat baik di tahun 2019. Hasil ini dapat dilihat dari perolehan laba bersih Perseroan yang melampaui pencapaian tahun 2018, meski penjualan belum mencapai hasil yang diharapkan. Kami menganggap hasil tersebut masih cukup ideal karena di sepanjang tahun 2019 Perseroan fokus pada pemasaran jenis produk yang semuanya membukukan hasil yang memuaskan sesuai rencana pemasaran, kecuali jenis kabel high voltage. Meski demikian, kami juga memahami bahwa kinerja lini usaha kabel high voltage pada tahun 2019 terpengaruh oleh faktor eksternal di luar kendali Direksi dan manajemen, misalnya perubahan rencana program Pemerintah terkait kelistrikan. 

Di sisi lain, penyelesaian perluasan pabrik high voltage merupakan prestasi tersendiri bagi Perseroan yang menunjukkan bahwa Direksi berhasil melaksanakan salah satu strategi ekspansi Perseroan dengan sangat memuaskan. Keberhasilan tersebut ditopang oleh kesuksesan penerbitan Obligasi I Voksel Electric tahun 2019 yang turut mengamankan keuangan Perseroan di tengah upaya ekspansi dan pengembangan usahanya. Direksi pun telah menjalankan strategi peningkatan efisiensi di seluruh aspek operasional melalui pengelolaan kas dan persediaan secara efektif, disiplin, dan penuh kehati-hatian.

Akan tetapi, Dewan Komisaris mendorong Direksi untuk terus mengembangkan dan melakukan diversifikasi usaha. Kami melihat pasar ekspor dan segmen retail merupakan peluang yang layak harus dilakukan dengan lebih agresif dan lebih luas guna memperkuat posisi dan kelangsungan usaha. Perseroan pun harus senantiasa menumbuhkan portofolionya dengan mengembangkan berbagai produk dan jasa inovatif dan bernilai tambah. Sinergi antara Perseroan dengan anak perusahaan dan antar anak perusahaan juga perlu ditingkatkan untuk membawa kinerja  ke tingkat yang lebih tinggi.

Kami juga berharap Direksi dan manajemen terus meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia untuk mengikuti perkembangan terbaru, antara lain Industri 4.0 dan Internet of Things (IoT). Program regenerasi karyawan dan para pemimpin masa depan harus dijalankan secara berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan usaha.

Berbagai kegiatan pelatihan dan pendidikan, baik internal dan eksternal, di dalam dan luar negeri, juga harus dipertahankan, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Pandangan terhadap Prospek Usaha

Dewan Komisaris telah melakukan kajian rencana kerja dan anggaran, serta strategi usaha yang disusun oleh Direksi untuk tahun 2020. Kami berpendapat rencana kerja dan strategi tersebut telah disusun dengan sangat baik, penuh percaya diri, dan mengedepankan langkah-langkah yang agresif berlandaskan pemahaman mendalam terhadap kondisi pasar. Hal ini turut membuat kami bangga terhadap sikap Direksi yang tak pernah berpuas diri dan selalu bergerak penuh semangat menuju puncak pencapaian berikutnya.

Dewan Komisaris sepakat bahwa penundaan proyek 35.000 MW pada akhirnya merupakan sebuah peluang yang harus ditanggapi dengan tepat. Bila proyek tersebut berlanjut pada tahun 2020, Perseroan berada di posisi strategis untuk memenuhi kebutuhan kabel high voltage PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) yang memang sedang fokus pada penyelesaian pembangunan jaringan transmisi dan distribusi, mengingat pembangunan berbagai pembangkit listrik telah selesai. Kami optimis jajaran Direksi akan mampu memanfaatkan peluang ini demi menjamin kelangsungan usaha Perseroan dalam jangka panjang.

Tak hanya itu, sesuai visi dan misi yang baru, Perseroan harus mengintensifkan pengembangan berbagai produk dan layanan untuk memberikan solusi total kelas dunia kepada konsumen. Pesatnya perkembangan informasi teknologi di beberapa tahun terakhir, dan peralihan dari 4G ke 5G akan meningkatkan permintaan terhadap berbagai jenis kabel fiber optic secara signifikan. Kapabilitas dan kapasitas produksi Perseroan, serta PT Cendikia Global Solusi (CGS) selaku Entitas Anak yang bergerak di bidang tersebut, harus ditingkatkan agar dapat menjawab kebutuhan secara efektif dan efisien. Direksi juga harus melanjutkan kisah sukses Perseroan di tahun 2019 dengan implementasi sistem yang terintegrasi untuk seluruh proses produksi berikut persiapan Aplikasi IoT sebagai bentuk inovasi pengelolaan yang mempercepat sekaligus menjamin proses pelaporan yang lebih tepat, akurat dan efisien hingga pada akhirnya dapat mengurangi biaya. 

Pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan  yang Baik

Dewan Komisaris menilai Perseroan telah menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (GCG) sesuai dengan prinsip GCG yang berlaku di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari kelengkapan perangkat GCG Perseroan. Hingga saat ini Perseroan telah memiliki Internal Audit, Komite Audit yang merangkap sebagai pemantauan risiko, serta Komite Nominasi dan Remunerasi. Semua perangkat ini telah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Kode Etik Perilaku Bisnis pun secara aktif disosialisasikan dan ditegakkan demi menjamin perilaku kerja dan kegiatan usaha yang etis, sekaligus bertanggung jawab.

Tak hanya itu, sebagai perusahaan publik, Perseroan terus berupaya menjadikan GCG sebagai bagian budaya perusahaan yang meliputi seluruh kegiatan operasional dan manajemen. Penerapan sistem pengendalian internal pun dijalankan melalui pengawasan yang baik, konsisten, dan transparan terhadap berbagai perangkat manajemen dan Perseroan. Pengawasan itu dilaksanakan antara lain melalui sistem IT, balanced scorecard, dan berbagai indikator untuk memonitor target kinerja yang harus dicapai termasuk kinerja Entitas Anak. Fasilitas pelaporan pun telah tersedia melalui sistem IT guna memastikan pelaporan yang tepat, cepat, dan tepat waktu.

Inilah yang telah dicapai Perseroan terkait implementasi GCG pada tahun 2019. Implementasi tersebut akan terus diperkuat sesuai perkembangan praktik tata kelola dan industri terbaik dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

 

Perubahan Komposisi Dewan Komisaris

Susunan anggota Dewan Komisaris Perseroan mengalami perubahan di tahun 2019 sesuai dengan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada tanggal 21 Juni 2019 yang mengangkat Bapak Masaki Matsui sebagai Komisaris.

Dengan demikian, per tanggal 31 Desember 2019, susunan anggota Dewan Komisaris Perseroan adalah sebagai berikut:

Komisaris Utama/ Independen : Bapak Kumhal Djamil

Komisaris                                  : Ibu Linda Lius

Komisaris                                  : Bapak Hardi Sasmita

Komisaris                                  : Bapak Tan Huiliang

Komisaris                                  : Bapak Masaki Matsui

Komisaris Independen              : Bapak Tjahyadi Lukiman

Komisaris Independen              : Ibu Muliany Anwar

 

Penutup

Dewan Komisaris mengucapkan terima kasih sebesarbesarnya kepada Direksi dan seluruh karyawan Perseroan atas semangat, kerja keras serta dedikasi mereka sehingga Perseroan mampu membukukan kinerja yang baik sekaligus menjalankan pengembangan signifikan di tahun 2019. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemegang Saham, konsumen, serta pemangku kepentingan lainnya yang telah memberikan kepercayaan kepada Perseroan. Kami optimis ke depannya Perseroan akan semakin mengembangkan kapasitas dan kemampuannya untuk membukukan kinerja lebih baik di tahun 2020. Semua ini kita lakukan bersama demi tercapainya misi baru untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan nasional dan mengoptimalkan nilai-nilai Perseroan melalui solusi unggul dan tanggung jawab sosial yang berkelanjutan. 

Mari kita optimalkan kesempatan dengan berbagai inovasi dan perubahan.

 

Jakarta, April 2020

Atas nama Dewan Komisaris,

 

Kumhal Djamil

Komisaris Utama/ Komisaris Independen